SISTEM
TRANSMISI RANTAI (CHAIN)
Ø Rantai digunakan pada
sistem transmisi daya, dimana jarak poros lebih besar daripada transmisi roda
gigi, tetapi lebih pendek daripada trasmisi sabuk
Ø Rantai mengait pada gigi
sproket dan meneruskan daya tanpa slip, sehingga perbandingan putarannya tetap.
Ø Keuntungan penggunaan
sistem transmisi rantai :
-
kekuatannya
tinggi, sehingga mampu meneruskan daya yang besar
-
perbandingan
putaran poros tetap
Ø Kerugian/kekurangan
penggunaan transmisi rantai :
-
timbul
suara dan getaran, karena adanya tumbukan antara rantai dan dasar kaki gigi
sproket
-
perpanjangan
rantai karena keausan pena dan bus akibat gesekan dengan sproket
Ø Rantai untuk transmisi
daya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
-
rantai
rol/rollling chain (lihat gambar 1)
-
rantai
gigi/silent chain (lihat gambar 2)
Gambar
1. Rantai rol (rolling chain)
Gambar
2. Rantai gigi (silent chain)
A. Rantai Rol
Ø Kecepatan maksimum untuk
rantai rol adalah 600 m/menit
Ø Bahan pena, bus, dan rol
adalah baja karbon atau baja khrom dengan perlakuan pengerasan permukaan (surface hardening)
Ø Rantai dengan rangkaian
tunggal paling banyak dipakai, sedangkan rangkaian banyak, seperti dua atau
tiga rangkaian, digunakan untuk transmisi beban berat. Rantai dengan rangkaian tunggal,
ganda dan tiga rangkaian dapat dilihat pada gambar 3.
Ø Ukuran dan kekuatan rantai
rol distandarkan pada tabel 1.
Ø Sproket rantai dibuat dari
baja karbon untuk ukuran kecil, dan besi cor atau baja cor untuk ukuran besar.
Ø Bentuk sproket
distandarkan pada gambar 4, dimana bentuk S adalah yang biasa dipakai.
2 komentar:
Sangat membantu
Terima kasih.....
Taubat lah saudara ku
Posting Komentar